Friday, December 5, 2008

Televisi Pendidikan Indonesia

Seriusan, saya baru tau itu singkatan dari TPI. Dan mari kita berpikir kritis. Emang masih ada ya, tema pendidikan di dalemnya?

Jujur aja, saya sangat jarang menonton TPI, tapi setiap kali saya memindah-mindahkan channel, saya tidak pernah menemukan acara yg berbau pendidikan di TPI. Yg sering terlihat hanyalah acara gossip, reality show yg ga guna, sinetron, dan berita-berita yg biasanya tayang 4 kali sehari. Okelah, kalo acara berita itu agak berbau pendidikan, tapi kurang baik juga kalo di tonton sama anak-anak dibawah umur.

Seharusnya, kalo emang namanya masih Televisi Pendidikan Indonesia, sekurang-kurangnya 70% acara yg ditayangkan berbau pendidikan dan terserah yg 30% nya apaan. Tapi ini malah kebalikannya. Ga tau deh, persentasenya berapa banding berapa.

Coba bayangin kalo ada seorang Ibu yg menyuruh anaknya yg masih SD terus menonton TPI karna setau si Ibu, TPI itu Televisi Pendidikan Indonesia. Si anak pun menonton TPI tiada henti. Dan apa yg akan didapatkan si anak selanjutnya? Pasti ia selalu up to date tentang pergossipan Indonesia dan mencontoh tingkah-tingkah para pesinetron yg mungkin kebanyakan sinetron remaja. Mungkin ada juga sinetron untuk anak-anak, tapi apakah itu akan mempengaruhi anak untuk bertingkah lebih baik lagi? Tidak, si anak pasti cenderung akan mencontoh sinetron-sinetron remaja .


Mungkin lebih baik lagi kalo TPI ganti nama, bukan Televisi Pendidikan Indonesia lagi.

No comments:

Post a Comment