Monday, October 20, 2008

Padang, Sunda, atau Padang-Sunda?

Ini nih, hal yg terkadang menbuat saya bingung. Padang atau Sunda sih?

Saya keturunan Padang, tapi lahir di Sunda.

Saya cinta Bandung, tapi ga mungkin juga saya melupakan kebudayaan Padang.

Saya cinta PERSIB Bandung, dan apabila PERSIB melawan SEMEN PADANG, itu tandanya saya berantem sama Papa.

Saya sangat merindukan Padang, tapi tiap kali mudik dan ketika baru sampai di rumah Nenek, saya selalu berteriak, “KANGEEEUUUNNN BANDUUUNG!!!” dan bertanya, “Ma, kapan pulang?”

Saya lebih bisa melafalkan bahasa Sunda daripada bahasa Minang.

Saya tidak pernah bisa menghafal lagu-lagu berbahasa Sunda. Malah Om saya yg asli Padang bisa menyanyikan lagu Bubuy Bulan. Hanya ada satu lagu berbahasa Padang yg pernah bisa saya hafal. ‘Kampuang den jauah di matooo…’

Tiap kali ke Padang dan ga bisa ngomong pake bahasa Padang, saya selalu mengaku orang Bandung, dan sebaliknya. Apabila saya di Bandung tidak bisa bahasa Bandung, saya mengaku orang Padang, jadi wajar dong, kalo ga ngerti bahasa sunda. Tapi, kalau ada orang yg minta saya untuk berbicara bahasa Padang atau Sunda di tempat yg bukan tempatnya, ini nih, yg susah.. :D


Dari hal-hal di atas, mungkin bisa dijadiin alasan kenapa teman-teman saya memanggil saya PANDA, PADANG-SUNDA!

23 comments:

  1. tapi padangnya gimana??
    hehe..
    cinta bandung tapi padang jugaaa....! :D

    ReplyDelete
  2. dua2nya juga boleh atuh,oh salam kenal dr jauh ya,saya asli padang,jika sudi tengoklah site saya ok..........

    ReplyDelete
  3. salam kenal juga!!
    brarti aku manggilnya Uni aja yak?
    padangnya dimana Uni? :P

    ReplyDelete
  4. asli pariaman,boleh panggil uni atau cik uniang kata orng pariaman.

    ReplyDelete
  5. cik uniang??
    baru denger tuh..
    hehe..
    kalo kampung halaman aku di payakumbuhnya..
    tau kan?

    kalo ga salah pariaman itu punya ciri khasnya..

    ReplyDelete
  6. Sunda ajaaa

    *ngomporin*
    kapan nih mau nonton bareeng?Hehe

    ReplyDelete
  7. Oh,payakumbuh?dingin ya..
    Sebelah mana penjara?
    Heuheu

    ReplyDelete
  8. okelah, berhubung sekarang indah lagi hidup di bandung, indah milih sunda aja.. :D

    hayu atuh, nontonya mau kapan teh gia?
    tp skarang2 aku lagi banyak tugas nih..
    heuheu..

    ReplyDelete
  9. okelah, berhubung sekarang indah lagi hidup di bandung, indah milih sunda aja.. :D

    hayu atuh, nontonya mau kapan teh gia?
    tp skarang2 aku lagi banyak tugas nih..
    heuheu..

    ReplyDelete
  10. penjara yg dimana dulu?
    kalo mau ke rumah nenek indah dari arah penjara di payakumbuh, terus aja lurus trus belok kanan.
    cari rumah gadang yg di depan rumahnya ada lumbung padi dan pohon rambutan.

    *tuh kan, jd kangeun kampuang halaman..

    ReplyDelete
  11. hm....

    untuk menentukan sunda apa badang coba di test ma makanan....

    ndah lebih suka rendang apa nasi timbel??


    hehehehe

    jawab jujur yah

    *teh gia hayu nontonnya....

    minggu depan aja...

    ReplyDelete
  12. rendang ayam buatan mama enak kang van..

    tapi sambel timbel enak jg..

    ReplyDelete
  13. iya lah, yg itu rumahnya.. :D

    enak lho, rumahnya masih rumah adat!
    jd esensi padangnya lebih taraso..

    ReplyDelete
  14. waduh...
    kayanya gua senasib banget tuh sama lu...
    orang minang...dari payakumbuh...lahir dan besar dibandung
    lebih fasih berbahasa sunda walau kasar
    bingung memilih kampung halaman
    hahahha...
    jangan2 orang tua kita saling kenal lagi??!!
    hmmm....

    ReplyDelete
  15. wow!!!
    bisa jadi tuh!
    payakumbuhnya sebelah mananya??
    kalo ndah mah di balaikaliki, tau ga?

    ReplyDelete
  16. hmmmm...di talago!
    balai kaliki dimana ya??
    yang gua tau tuh suliki...
    bokap lu ikutan organisasi minang gitu gak??
    harus kita telaah nih kayanya mah orang tua kita saling mengenal
    hahahhaa...

    ReplyDelete
  17. talago teh belah mana??

    iya, si papa biasanya tiap taun suka ikut acara minang gitu..

    tau pasar yg di payakumbuh ga?

    ReplyDelete
  18. dari payakumbuh kotanya mah sekitar 20 menit dech ketalagonya...
    nampak jauh ya?
    hehehe...
    wah papa aktif bgt sama organisasi lima puluh koto
    pasar yang dipayakumbuh?
    tau...kenapa emang?

    ReplyDelete
  19. kalo papa ndah mah halal bihalal limo puluh koto yg trakir ga ikutan!
    tau daerah koto nan gadang ga? stelah nanya sama mama, talago itu ngelewatin koto nan gadang kalo dari arah pusat kota. dan koto nan gadang itu daerahnya papa.

    jd pengen mudik..

    ReplyDelete
  20. hooooooo...iya kali yah?
    hehhehe...
    yah coba tanyain aja sama mama ato papanya
    kenal sama erman mawardi ga?
    itu bokap gua...
    :D
    salam kenal...

    ReplyDelete