Friday, July 3, 2009

Let The Past Be The Past

'Lebih baik pernah mengalami dari pada engga sama sekali.'

Ya, saya sangat setuju sama kutipan dari sebuah novel diatas.

Terkadang suatu pengalaman buruk itu ga selamanya buruk. Tapi ada juga yg bisa dijadiin pelajaran hidup. Bukan 'ada juga', tapi semua pengalaman buruk itu sangat bisa dijadikan
pelajaran.

Bagaimana nanti kita kedepannya, apa yg seharusnya kita lakukan, dan setidaknya kita tau cara agar kita tidak kembali jatuh di tempat yg sama.

'Let the past be the past.'
Kata novel lainnya.

Saya setuju tapi tidak sepenuhnya.
Membiarkan masa lalu menjadi yg lalu, sama aja artinya melupakan masa lalu.

Masa lalu ada bukan untuk dilupakan, tapi untuk dikenang, dipelajari.
Masa lalu akan menjadi sebuah sejarah bagi diri tiap individu.

Saat kelas 1 SMA, saya kurang setuju dengan fungsi Sejarah sebagai hiburan. Tapi sekarang saya sangat setuju. Saya bisa tersenyum-senyum sendirian bila melihat masa lalu saya. Apalagi ketika ada seseorang yg ternyata cermin saya di masa lalu.

Dan sekarang, saya sangat menikmati apa yg terjadi pada diri saya.
Saya tidak lagi senang, tidak lagi marah, tidak juga ingin menangis.

Saya akan terus belajar dari apa yg telah terjadi pada diri saya, pada masa lalu saya.

No comments:

Post a Comment