Sunday, June 27, 2010

Nih Kodok baca nih..

Namanya Mustika Ratih Aisyah Hapsari, biasa disingkat Mustika Ratih AHA, sering dipanggil Ratih tapi lebih sering saya panggil Kodok. Buset lah, banyak banget hal yang kita lakukan bareng. Malah kayanya frekuensi kita ketemu lebih banyak dibandingkan sama keluarga kecuali Sabtu-Minggu. Itulah, dari pagi sampai (kadang malam) di setiap hari, pasti kita bareng.

Banyak pelajaran yang saya dapet dari dia, banyaaaaakk banget. Berawal dari sekelas di kelas 2 SMA, kita mulai sering ngobrol dan ujung-ujungnya dia curhat. Dan ga adil juga lah ya, kalo dia terus yang curhat sedangkan saya cuma denger dan memberi nasihat (iya ga sih, iya ya? Hahaha). Karena saya merasa dia mempercayai saya, apa salahnya saya juga memberi dia sebuah kepercayaan untuk menjaga rahasia terbesar saya di masa itu? (itu lho, mas-mas yang suka eksis tanpa nama di sini jaman-jaman 1-2 tahun yang lalu. Kalo suka nyimak dari dulu pasti ngeh, “ooh yang itu toh!”).

Saya masih ingat, suatu malam ketika saya nyaris tertidur, ada sms dari Kodok yang bisa dibilang ganggu orang yang cape pengen tidur banget. Tapi ketika membacanya, ternyata saya luluh..

“Ndo, thanks ya udah mau jadi temen baik aku selama ini.

Jujur aku banyak belajar dari kamu.”

Agak terharu, padahal saya juga banyak belajar dari dia, terlebih tentang cara menyikapi orang tua kita pada waktu itu.

Kita menamai diri kita M2 (Minda-Mustika), spontan aja sih, iseng. Dan dari situ kita makin kompak aja. Kita memiliki banyak kesamaan, mulai dari (tentunya) kesamaan inisial nama, anak perempuan satu-satunya di antara dua lelaki, punya orang tua yang emm.. gitu lah ya, punya prinsip ga mau pacaran kalo kitanya emang ga ada rasa sama si cowo, lebih baik single daripada jadi cewe player terserah apa kata orang, ga suka terikat, ga betah ga keluyuran, suka mie ayam, nekat ga jelas, dan…. Banyak lah ya, sampai saya lupa saking banyaknya.

Kodok ini anaknya baiiiiiiiiiikk banget, perhatian kalo temennya lagi sakit (malah tiap hari ngesmsin saya pas saya lagi sakit, smsnya yg pertama bikin saya nangis karna saya emang ga mau sakit dan isi smsnya itu sendiri). Tapi yang paling bagusnnya sekaligus mematikan buat diri sendiri, dia itu orangnya sangat open dengan siapa aja, berteman tidak melihat dari status kaya/miskin, jelek/cantik/cakep, dan tentunya menerima temen-temen barunya apa adanya. Salut deh, jarang-jarang ada yang kaya gini.

Oke, kenapa saya menuliskan Kodok disini? Pertama, karna pada tulisan beberapa waktu yang lalu saya berjanji akan menuliskan dia disini. Kedua, ini nih yang malesin, karna hari minggu ini sepertinya akan menjadi hari terakhir saya bertemu dengan si makhluk yang terkadang lama mikir ini. Ihiks.. mulai deh sedihnya.

Saya belum pernah merasakan kehilangan sahabat terbaik khususnya di SMA atau pun di luar SMA. Dan sekarang si sahabat terbaik dari yang terbaik di SMA ini dalam rangka pindah ke Jogja, menetap di sana. Besok Senin subuh capcus ke Jogja. Deket sih yaaa, Bandung-Jogja, tapi kaaannn…

Sosok sahabat ada banget di orang ini. Beneran. (duh, selamat ber-GE-ER GE-ER ria ya!)

Jaman-jaman ke Bali kita mempromosikan M2 kepada khalayak sekolah (orang-orang sekolah kita maksudnya). Trus jaman-jaman les, pulangnya kita ngegalau bareng dengan sesekali efek hujan di luar semakin membuat suasana enak menggalau, tapi juga tiba-tiba hancur gara-gara Kodok suka maki-maki supir angkot sambil napsu mencet (lebih tepatnya menampar) klakson mobilnya karna si supir angkot mengganggu kenyamanannya menyupir. Jaman-jaman terakhir di tempat les juga, kita berhasil menghajar bule brengsek biadab yang mau ngisengin Kodok di kamar mandi tempat les. Tenaga saya berhasil membuat jidat si bule (semoga) benjol dibanting pintu dan Kodok berhasil nyubit pinggangnya. Seru deh, dan pulangnya kita ngakak sambil geleng-geleng ga nyangka bakal kaya gitu.

Kalau diceritain satu-satu kayanya bakal menguras jam tidur saya nih. Ada momen terakhir kita bernekat gila basamo di 2 minggu sebelum UN, yaitu mabal di pelajaran fisika, huray! Jadi ceritanya istirahat pertama, kita makan mie ayam di bawah. Karna nungguin si mang mie ayamnya lama, kita akhirnya makan pas ketika bel istirahat habs berbunyi, dan pelajaran sesudah istirahat adalah fisika. Karna emang males belajar fisika dan untungnya kita bisa belajar fisika di tempat les, ya udah deh kita nekat aja tetep santai makan dan kembali ke sekolah sekitar 20-30 menit setelah bel berbunyi. Pintu kelas udah dikunci dari dalem, beberapa temen ngesms nanya kita kemana, kita pun memutuskan duduk manis di depan pintu kelas sambil cerita-cerita. Tiba-tiba Fariz lewat, bertanya kenapa kita di luar, dan dia memutuskan mengetuk pintu kelas saya, BAGUS! Kita bingung karna kalau lari pasti ga keburu. Kepergok lah kita oleh mata bengisnya si guru fisika. Kita dimarahin dan pintu kelas langsung dibanting sama si ibu lalu dikunci. Factor anak-anak juga sih yang teriak-teriak di dalem kelas, “Jangan masuk bu, biarin di luar ajaa!” Bagus lagi. Ya udah deh kita kabur aja ke Kopma dan melanjutkan gocip acip sampai pelajaran fisika beres.

Nulis apalagi ya?

Eh eh eh saya pernah nyaris nangis lho di mobilnya Kodok waktu mau berangkat les bareng Pretty juga, dan ini tidak disadari oleh mereka, keren ga tuh? Seperti biasa Kodok suka muterin lagunya Project Pop. Di entah lagu berjudul apa, tiba-tiba mata saya berkaca-kaca dan idung agak meler. Tapi  itu berhasil diatasi dengan cara mengedip-ngedipkan mata, sesekali tangan mengusap hidung, dan bertingkah wajar seperti tidak ada apa-apa. Sejujurnya saya ini kalo nangis suka di mana aja, tapi karna udah SMA, malu ah. Hehe..

M2Z2, sebuah rencana nama perkumpulan kita yang gagal. Naaaaah.. pas bulan puasa nih tepatnya ketika baksos, Kodok yang menyadarkan saya bahwa saya suka sama itu dan kita membuat M2Z2. Huahahaa..

KPAD, Januari 2009






Bali, Juni 2009















Bogor, Januari 2010






Our graduation, Mei 2010


Udah ah, tenggorokan saya perih. Terimakasih ya, udah jadi temen terbaik di SMA :')

No comments:

Post a Comment