Sunday, June 20, 2010

Thanks for my best partner in crime

Ucapan Kodok, sahabat saya di SMA, akhir-akhir ini selalu terngiang ketika hati saya terasa, umm.... sakit.
"Jaman sekarang ya Ndah, ternyata masih banyak orang yg main dukun. Jadi kita harus hati-hati sama sikap dan omongan. Apalagi ke cowo tuh, kaya kasus kamu. Daripada bilang terang-terangan ga suka, mending ga usah diwaro trus ngejauh pelan-pelan."

Kodok yg segi fisik almost perfect tentunya menggoda, yg banyak menyebabkan kaum adam yg melihatnya tergoda. Saya aja yg jadi temen deketnya keseringan stress tiap di tempat les dan ada beberapa cowo agresif yg gangguin, apalagi orang tuanya yg sudah mengakui pada saya bahwa mereka stress punya anak kaya Kodok? Ayahnya Kodok bilang, "Om ya Ndah, kalo jadi cowo ogah deh suka sama Kodok. Pasti bakal pusing deh Om." Saya ngakak dan mendukung si Om, tapi Kodok ngeles, "Ahh bohong. Pasti Bapa bakal naksir sama aku!"

Menjadi seorang yg kelewat cantik itu beban, kalo kata saya. Jual mahal, salah. Open sama orang-orang, tidak memandang orang dari status dan kasta, terlalu baik dan sesekali ngisengin cowo (Kodok banget ini), dibilang kecentilan. Sering gonta-ganti pacar, dibilang murahan. Jadi yg seperti apa yg bagus? Balik ke agama sih ya, nutup aurat. Tapi sayangnya Kodok belum siap akan itu. Kecuali kalo dia jadi masuk UMY, terpaksa lah dia berislami ria. Kapan-kapan deh ya, saya tulisin tentang Kodok yg lainnya. Ini orang bener deh, ajiiiibbb!

Ilmu perdukunan.
Saya sempet membahas ini bersama beberapa teman, salah satunya Kodok dan seorang teman saya yg 'punya'. Salah satu mitos yg baru saya ketahui saat itu, ternyata orang-orang keturunan 'sakti' (seperti keluarga Kodok dan si temen yg juga 'sakti') itu lebih mudah terkena ilmu hitam milik dukun. Dan yg paling ajib tut santet/pelet dari jawa.

Memang benar adanya. Nyatanya Om-nya teman saya yg 'sakti' itu kena. Dia yg berasal dari Bangka, yg sepertinya memiliki 'ilmu' Melayu, kalah sama 'ilmu' Jawa. Di dalam keluarga besarnya, kalo ga salah ada 3 orang yg kena.

Nah, kalo si best partner in crime ini, dia dipelet, udah 2 kali dengan orang yg berbeda. Saya shock pas pertama kali denger, tentunya. Karna dia keturunan Jawa tulen, si peletnya pun gagal, tapi berefek gatal-gatal buat kasus pertama, jerawat ga sembuh-sembuh untuk kasus kedua. Kemarin, ketika saya ceritakan pada si 'sakti' dan meminta tanggapannya, dia komen, "oh pantesan muka dia tuh kaya yg beda banget, pucet tapi gimanaaaaa gitu. Dari kelas 2 akhir prasaan aku kalo ga salah."

Bingo! Si 'sakti' menjawab dengan benar, padahal saya belum cerita dari kapannya. Untungnya sekarang dia udah baikan, dan katanya ilmu jahatnya udah kalah.

Dari kasusnya Kodok, saya belajar banyak hal, tentunya dalam sikap dan perilaku ya. Saya sering kali lupa, tapi Kodok beberapa kali juga mengingatkan. Tapinya lagi, emang bawaannya Kodok yg cadas (that's why kita nyambung banget), dia tetep aja lebih parah dari saya. Jadi ketika kita lagi curhat-curhatan dan dia mengingatkan saya, saya juga jadi ngingetin dia. Soalnya dia suka ga sadar sama yg diomonginnya ke orang lain sih.

Oke, sebenarnya saya ingin menuliskan yg di atas secara SINGKAT dan padat, karna niat awal tulisan saya bukan itu. Saya lagi sakit hati, dan berpikir:
Betapa mudahnya sikap dan ucapan melukai seseorang secara tidak disadari. Mungkin mereka ga sengaja, iseng, atau bercanda, tapi tetep aja menyakitkan, seperti yg saya alami. Mereka pasti ga ngerasa mereka salah, dan menganggap bahwa itu adalah kewajaran dari diri mereka yg seharusnya sudah dimaklumi, sehingga mereka tidak merasa bersalah melakukannya. tapi bagi saya tetap tidak bisa ditolerir lagi.

Buat korban yg sudah tidak berakal dan beriman butut, betapa mudahnya melakukan balas dendam dengan Dukun. Untung saya masih waras dan lebih mendekatkan diri padaNya akhir-akhir ini, jadi ya udah lah ya, kita liat aja nanti. Saya akan berusaha setenang mungkin di depan mereka, dan semoga saya menjadi pendiam, amin!

Dan semoga yg paling penting nih, saya bisa merubah sikap dan gaya bahasa saya yg ehem, terkadang tajem. Ga sia-sia ya, ajaran agama saya menganjurkan Istighfar, memohon ampun, dan meminta maaf tiap kali melakukan kesalahan. Dengan melakukan itu secara sungguh-sungguh, saya biasanya bisa tenang. Dalam segala kasus sih jelas, mendekatkan diri pada Pencipta adalah kunci utamanya. Saya yakin, semua agama yg lurus pasti menganjurkan umatnya untuk berlaku baik dalam segala hal, tidak lupa disertai dengan bersyukur. Nikmat bersyukur itu benar-benar amazing buat saya. :)

No comments:

Post a Comment