Wednesday, June 16, 2010

UM, SNMPTN, dan Kerancuan

Entah kenapa saya sangat tidak setuju dengan adanya UM (Ujian Masuk) ke Perguruan Tinggi Negeri. Dengan adanya UM ini pula, kesempatan orang-orang pintar yg berekonomi rendah untuk belajar di PTN favorit sangat kecil, mereka harus benar-benar berotak encer. Banyak PTN-PTN yg menerapkan UM, dan justru ada juga beberapa PTN favorit yg menerima siswa dari jalur UM 70-80%, sisanya dari jalur SNMPTN.

Nah buat anak para golongan atas yg ikutan UM, itu bukan masalah ya, apalagi duitnya bejibun. Hanya bermodal uang, semua bisa jadi nyata, tapi palsu.

Kenapa banyak kejanggalan dari elit politik di Negeri ini? Menurut saya juga ini bisa saja karna sistem di atas (nyanyambungan). Coba deh, betapa mereka tidak menghargai apa yg mereka dapat. Iyalah wong usaha mereka aja dikit dan kerjaannya malas-malasan. Sedangkan orang-orang yg berpenghasilan jauuuuuuhh dari mereka, orang-orang tersebut lebih bisa menghargai apa yg didapat, dengan usaha yg edan-edanan jauh beda dengan si golongan tinggi, yg jadi pembeda adalah pendidikannya.

Di bidang kesehatan pun sama, contoh kedokteran. Malpraktek sering muncul karna si dokter hanya bermodal pede dan sok tahu (mungkin saya lebih sok tahu dalam menuliskan ini, tapi ini kan pendapat saya), dan tentunya uang. Karna menjadi dokter itu adalah cita-cita masa kecil hampir semua orang, maka untuk merealisasikannya pun tidak mudah, dengan biaya yg tidak murah juga tentunya. Ada fakta baru yg saya dapatkan dari seorang kerabat yg gagal masuk FK di PTN favorit Bandung, tapi lolos di Arsitek ITB. Dan ini juga yg menjawab kekaguman saya pada Om saya yg Dokter Spesialis Anak di beberapa rumah sakit Bandung yg juga pengajar di PTN tersebut, ketiga anak perempuannya masuk ke FK PTN tersebut. Ternyataaaaaaa.... para pendidik disana mendapat JATAH untuk anaknya. Please lah, Kedokteran gitu.

Cerita yg saya dapat dari Uni Tika, si kerabat yg mana sahabat almarhum kaka saya, ada seorang temannya dari SMA favorit Bandung juga, yg sangat pemalas dan ga pintar-pintar amat masuk ke fakultas idaman itu, hanya bermodal ayah dokter dan pengajar disana. Passinggradenya pun jaun di bawah Uni Tika, nyaris beda 20 malah. Uni Tika yg harusnya masuk karna memiliki passinggrade yg tinggi pun jelas kesel ya, karna itu adalah kali kedua dia nyoba SPMB. Karna memang sudah mengetahui keburukannya, maka Uni Tika udah males nyoba masuk sana, dan milih Arsitek ITB aja. Tapi tetep keren sih, sekarang lagi ngambil S2 dengan beasiswa.

Pantesan juga ya, temen saya yg ibunya ngajar di PTN tersebut, masuk ke salah satu jurusan terfavorit disana. Mungkin yg baca tau lah ya, PTN yg saya maksud apa.

Balik lagi ke UM, sebenernya apa sih yg jadi kendala dari pihak masing-masing PTN yg mengadakan UM sehingga biaya kuliah tinggi dan tingkat pendidikan di kalangan bawah menurun? Kekurangan modal? Atau uang pembangunan dari yg lulus SNMPTN itu sangat kurang ya, melihat dari sektor ekonomi orang-orang yg lolos? Atau para petinggi PTN tersebut ingin terus membangun kampusnya lebih wah lagi hanya karna gengsi?

Atau...
Balik lagi ke yg lebih atas, ada penyimpangan oleh pejabat-pejabat yang ada di Diknas? Hmmm... Entah lah ya. Hanya Allah yg tahu.

Mungkin bukan hanya di PTN itu doang ya, ada si Jatah itu, pasti banyak di tempat lain. Tetep sih ya, kalo sportifitas ga dijunjung, gimana mau membangun negeri dengan pikiran awal yg sempit? Please deh, Kampus tempat ayah saya ngajar aja uDah beberapa taun ini ga ada jatah-jatahan, buktinya kakak saya masuk dengan seleksi, murni.

Terserah deh, ini hanya pemikiran saya.

3 comments:

  1. kalo di POLBAN seeh insyaalloh ga ada titip2an.. secara tuntutan IP 3 (ga tau skarang berapa).. kalo dibawah itu silahkan pindah ke tempat kuliah lain.. dan lagi soal2 ujian masuknya aja 200%lebih sulit dari UMPTN... jadi kalo yang otaknya pas2an atau dibawah ga bakalan kuat mengimbangi yang ada paling kuat 1 tingkat..

    PTN yang lain... transparasinya harus ditanyakan.. ITB, UNPAD aja jalur khususnya harganya diatas Rp. 9digit.. ga tau lah.. daripada kuliah mendingan ikutan sertifikasi yang internasional.. waktunya lebih singkat n lebih di hargai di luar negeri..

    ReplyDelete
  2. Iya tuh, ada temennya kaka yg ingin masuk polban tp nyoba spmb jg. Dia malah lulus spmb ke fikom unpad, dan d polban gagal.
    Dia cerita sambil pasang muka stress karna emang susah bgt soal2nya.

    Tp kuliah sambil sertifikasi lebih bagus lagi kan kang? Hehehe. Kaka sepupu yg udah mantep jg nyaranin gitu

    ReplyDelete
  3. nah.. emang bagusnya kaya gitu.. tapi kalo larinya ke biaya harus pilih salah satu...

    ReplyDelete