Wednesday, October 7, 2009

Ranginang Gulung Special 'KARTINI'

Membaca merek ranginang gulung bikinan Ciamis yg dikasih temen saya cukup membuat saya tersenyum.

Mulanya saya mau nulis tentang ini di tanggal 21 april, bertapatan dengan hari Kartini. Cuma waktu itu saya lagi males nulis disini, jadi sekarang aja lah, sambil ngemil ranginangnya.

(Ranginang gulungnya enak!)

Suatu hari ketika SMP, saya sempet nanya sama mama, "Ma, kenapa Indah dikasih nama Minda? Trus kenapa mama sama orang-orang manggilnya Indah?"

Mama pun jawab, "Kalo Indah lahirnya tanggal 21 april, mama asalnya mau ngasih nama KARTINI, tapi Indah lahirnya tanggal 19. Menurut mama sama papa Minda itu nama yg bagus, ditambah embelan Habibah yg artinya kekasih Allah. Habibahnya Datuak yg ngasih."

"Trus knapa manggilnya Indah, bukan Minda? Kan banyak temen-temen yg bingung tuh."

"Biar orangnya indah dan kelakuannya indah juga."

Waw, apa kabar kalo saya terlahir sebagai KARTINI? No no no...! Nama bangsa bisa ancur gara-gara saya. Jujur, jiwa nasionalis agak melekat pada diri saya (buktinya saya suka berkaca-kaca terharu kalo mengikuti upacara 17-an atau hari-hari penting lainnya dan suka sedih kalo ga ikut, saya juga benci kalo ada temen yg bilang kalo pelajaran sejarah itu ga penting buat anak IPA, padahalkan, Sejarah itu sangat penting! Skip ah, yg jelas saya AGAK berjiwa nasionalis.), tapi untuk mengemban amanat bangsa itu cukup susah untuk dipraktekan. Jadi, kalo orang tua saya memberi nama KARTINI, itu sama saja mencoreng nama baik Kartini dan bangsa.

Untuk Minda sendiri, saya punya artian versi saya. Minda bisa saja merupakan nama yg sangat matematis, mengingat teman-teman kelas 1 SMP pernah memanggil saya MIN DE dikali A (-D.A). Dan di kelas 1 SMA, teman-teman saya suka iseng apabila guru menuliskan -2 (min 2), mereka mengganti menjadi MINDA.

Versi kedua hasil pemikiran saya, 1 teman SMP yg juga suka memanggil MIN DE KALI A, ia juga punya panggilan lain yaitu MIND-A (dibaca inggris). Guru matematika saya juga manggilnya gitu. MIND itu berarti pikiran, sedangkan huruf A dibelakangnya anggep saja sebagai tambahan. Jadi, hasil ngaco menurut saya tentang MINDA HABIBAH adalah CEWE PEMIKIR DISAYANG ALLAH.

Iya sih, saya suka mikirin hal-hal yg ga penting. Tapi jangan salah lho, dari yg penting bisa menjadi penting. Jadi jangan salahkan apabila saya suka diem sambil narik napas, itu lagi mikir.

Udah ah, ranginangnya keburu abis sebelum saya belajar Fisika, Pkn, dan Biologi buat uts hari terakhir besok. Doakan saya berhasil

No comments:

Post a Comment